Training Persiapan Dini Menyongsong Masa Purnabhakti yang Berkualitas

LATAR BELAKANG

  1. Mempersiapkan diri menuju masa pensiun merupakan sebuah hal yang cukup besar dan berpengaruh terhadap kehidupan seorang karyawan. Rentang wakt ke depan tanpa adanya sebuah rencana yang matang akan memberikan dampak penurunan produktifitas karyawan tersebut karena munculnya gangguan dalam pikiran dan hati karyawan terkait dengan citra yang terbentuk tentang kehidupan pensiun yaitu penghasilan akan berkurang (akan menurun), status sosial berubah, akibatnya kesehatan memburuk karena jati diri menjadi lemah.
  1. Pola Pikir. Untuk menghadapi hal tersebut, maka diperlukan perubahan pola pikir/mindset agar dapat berpikir lebih optimis dalam  menghadapi masa pensiun dan menganggap masa pensiun adalah masa berkarya dengan waktu tak terbatas sambil menyalurkan hobi. Dengan pola pikir positif dan sikap optimis akan terpelihara loyalitas dan profesionalisme,  sehingga produktifitas kerja tetap akan tinggi sampai dengan masa pensiun mendatang.
  1. Pilihan Kegiatan dan Gaya Hidup. Penentuan gaya hidup dan dukungan sumber keuangan akan menentukan kesiapan finansial karyawan ketika memasuki masa pensiun. Apakah seseorang akan memilih kegiatan ketika masa pensiun untuk bekerja kembali sebagai karyawan, sebagai wirausahawan, aktif di bidang sosial, pendidikan atau spiritual masih merupakan hal besar yang perlu disikapi benar dan dipersiapkan sejak sekarang.
  1. Pengelolaan Keuangan. Fenomena orang memiliki uang banyak tetapi akan habis dalam waktu 3 tahun merupakan sebuah fakta yang tidak bisa dipungkiri. Hal ini semata-mata karena mereka belum memiliki kecerdasan finansial (financial intelligence) yang diperlukan untuk mengelola, merencanakan dan mendayagunakan sumber daya keuangan yang dimiliki. Karenanya pilihan kegiatan dan gaya hidup di butir 3 di atas akan berkaitan sangat erat dengan perencanaan dan pengelolaan potensi sumber keuangannya.
  1. Kewirausahaan sebagai Pilihan: Transisi Pegawai menjadi Wirausahawan. Pada umumnya orang yang pernah bekerja sebagai karyawan perlu melakukan perubahan pola pikir, transformasi dan proses transisi ketika mereka memutuskan untuk memulai wirausaha. Tanpa mengesampingkan fakta bahwa lebih banyak orang yang gagal berwirausaha semata-mata dipicu dari belum benarnya pola pikir yang terbentuk dan proses transisinya.  Ternyata untuk melakukan perubahan ”drastis” tidak mudah. Oleh karenanya diperlukan suatu pemahaman yang benar terhadap pola pikir terbentuk dan proses perubahan itu sendiri.

TUJUAN :

  1. Mempersiapkan para karyawan secara motivasi dan pola pikir yang benar dalam masa menuju pensiun, sehingga tetap bisa fokus pada hal yang benar secara baik.
  1. Mempersiapkan mental, spritual dan memotivasi pegawai untuk tetap semangat, optimis dan tetap loyal serta produktif dalam perjalanan waktu masa tugas sampai datangnya masa pensiun.
  1. Memahami bagaimana cara hidup bugar, sehat dan sejahtera (lahir-bathin) serta menyadari arti pentingnya menjaga kesehatan menjelang masa lansia.
  2. Memberikan perspektif yang komprehensif untuk menentukan pilihan kegiatan/usaha yang tepat dan gaya hidup yang sesuai, serta memahami cara mengelola dana dan keuangan keluarga dengan efektif dan aman.
  1. Memberikan penghargaan/apresiasi perusahaan kepada pegawai yang telah loyal dan berkontribusi untuk perusahaan.

DISAIN PROGRAM

Program 3 hari yang komprehensif terdiri dari :

  1. Perencanaan kehidupan masa 10-25 tahun ke depan secara komprehensif yang meliputi keseimbangan aspek spiritual, mental, kesehatan, gaya hidup, sosial dan keuangan.
  2. Pembentukan mental psikologis dan perubahan pola pikir/mindset dari pola pikir pegawai /orang gajian menuju ke arah pola pikir kemandirian, kepemimpinan diri dan kewirausahaan yang kreatif, inovatif dan aplikatif.
  3. Mengembangkan sikap kerja unggul yang akan meningkatkan produktifitas kerja sebagai profesional/pegawai dan membangkitkan semangat kewirausahaan di lingkup tanggung jawab pekerjaan.
  4. Pengelolaan keuangan keluarga agar dapat dikelola secara efektif, aman dan berkembang dengan kemampuan untuk mengembangkan sumberdaya finansial sesuai dengan kebutuhan dan tren terkini, serta pengetahuan jenis dan pola investasi dan pilihan-pilihan wirausaha yang cocok.
  5. Mengembangkan kemampuan kewirausahaan yang baik dan profesional, serta memperkuat kemampuan melihat, menangkap dan mengolah peluang untuk menjadi gagasan yang produktif.
  6. Pencerahan, pengetahuan & wawasan, dan pembekalan spirit sikap disiplin kewirausahaan yang dapat diterapkan di pekerjaan sekarang dan meningkatkan motivasi peserta untuk menyongsong masa pensiun dan tetap semangat dan optimis untuk berkarya produktif sampai dengan akhir masa kerja.

Agenda Program 3 hari

Hari Pertama

  1. Purnabhakti sebagai perjalanan sukses yang baru.
  2. Membentuk pola pikir (Mind Setting), motivasi dan sikap yang benar.
  3. Mengenali kekuatan, kelebihan dan potensi diri.
  4. Keseimbangan spiritual, mental dan kesehatan.

 Hari Kedua

  1. Mengelola keuangan keluarga yang efektif
  2. Menentukan pilihan kegiatan dan gaya hidup yang tepat.
  3. Menetapkan dan memantapkan Wirausaha sebagai pilihan.
  4. Wirausaha sukses dengan Pemasaran dan Penjualan.

Hari Ketiga

Kunjungan UMKM:

  • Untuk meningkatkan wawasan dan memperoleh gambaran yang lebih nyata dan jelas atas kondisi berwirausaha, maka peserta dapat melihat secara langsung kondisi dan operasional UMKM. Dengan melihat sistim kerja dan kesempatan untuk bertemu dengan wirausahawan, maka peserta akan memiliki tingkat pemahaman yang lebih tinggi.
  • Peserta akan memperoleh gambaran yang jelas dan dapat meng inspirasi atas hal yang akan atau bisa dilakukan pada saat telah menjalani purnabakti. Peserta akan bertambah yakin atas kemampuannya untuk melakukan usaha sendiri dikemudian hari.

METODOLOGI PENYAMPAIAN

Class room

  • Presentasi & visual (gambar dan video)
  • Diskusi dan brainstorming
  • Group sharing
  • Stimulating written exercise
  • Testimoni dan berbagi pengalaman

FITUR & MANFAAT PROGRAM

Fitur

  1. Kombinasi kurikulum yang komprehensif menimbulkan inspirasi dan semangat untuk mandiri pasca pensiun dan memberikan nilai tambah yang aplikatif pada peserta pelatihan untuk berkegiatan dan berwirausaha.
  2. Kombinasi fasilitator dan narasumber terbaik yang memiliki spirit & kompetensi intra-preneurship dan entrepreneurship secara komprehensif dengan pengalaman yang saling melengkapi.
  3. Fasilitator dan narasumber adalah pelaku usaha, pengajar dan pembimbing manajemen & kewirausahaan, yang telah mengalami masa bakti sebagai profesional dan melewati masa purna bakti.

Manfaat

  1. Peserta program akan mendapatkan keyakinan dan optimisme menghadapi masa pensiun dan memiliki tujuan lebih mantap untuk menjalani masa pasca pensiun.
  2. Pilihan jalan kehidupan pasca pensiun menjadi jelas bagi peserta untuk memutuskan jalan mana yang akan ditempuh untuk mengisi masa pensiun dengan hal-hal produktif dan positif.
  3. Semangat untuk tetap berkarya menjelang akhir masa kerja dan siap untuk mandiri dengan memulai lembar baru kehidupan pasca pensiun.

FASILITAS TRAINING

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training dari HSP
  • 2x coffee break
  • Makan Siang
  • Gimmick

JADUAL TRAINING

  • Durasi Training Selama 3 Hari

TEMPAT PELAKSANAAN TRAINING

  • HSP Academy Training Center – Gading Serpong – Tangerang

BIAYA TRAINING: Rp. 5,000,000,- (Lima juta rupiah)

KONTAK INRORMASI

HSP Academy Training Center  

Ruko Graha Boulevard Blok D/26 Sumarecon – Gading Serpong – Tangerang

HP: 0822 9980 1099

Phone: (021) 29001151 dan 29001153

Fax. (021) 29001152

Email: info@hspacademy.com

Website:  http://hspacademy.com

Print Friendly, PDF & Email